Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Menghindari Penipuan

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Menghindari Penipuan – Jasa ekspedisi atau juga dikenal sebagai kargo adalah jasa pengiriman barang yang melayani antar pulau baik internasional ataupun domestik melalui laut, darat dan udara. Sekarang ini perusahaan jasa kargo sudah banyak yang kami temukan di setiap sudut-sudut kota, dengan berbagai macam merek dan layanan yang diunggulkan dari masing-masing perusahaan tersebut. Dengan pengembangan layanan kargo yang pesat ini, adalah mungkin bagi orang-orang bodoh yang melakukan penipuan dengan kedok jasa kargo. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan tentang tips untuk memilih layanan ekspedisi kargo untuk mencegah penipuan.

TIPS MEMILIH JASA EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG

TIPS MEMILIH JASA EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Kargo Yang Tepat

Ketika kita akan memilih perusahaan ekspedisi atau jasa pengiriman barang ada beberapa hal yang wajib kita waspadai mengingat barang kiriman yang akan kita kirim akan dibawa oleh si jasa pengiriman atau pihak ketiga tersebut, oleh karena itu kita harus memperhatikan beberapa hal menyangkut persoalan pemilihan jasa ekspedisi, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Pastikan perusahaan jasa pengiriman memiliki kantor dan legalitas yang jelas. Pastikan kiriman Anda ditangani oleh perusahaan angkutan yang mempunyai kantor dan legalitas yang jelas. Anda dapat mengecheck status dengan mengunjungi layanan kantor domisili perusahaan kargo tersebut.
  2. Pastikan perusahaan angkutan tersebut berasuransi. Barang yang Anda kirim adalah aset Anda dan jangan biarkan aset Anda tersebut rusak apalagi hilang. Melindungi dan mengantisipasi hal ini dengan menggunakan perusahaan jasa ekspedisi yang berasuransi. Anda akan dikenakan biaya sedikit lebih mahal daripada pengiriman biasa, tetapi juga menggunakan pengiriman dengan asuransi berarti Anda menyimpan aset Anda sendiri.
  3. Pastikan perusahaan jasa ekspedisi yang anda pilih sudah profesional dan berpengalaman. Pengalaman adalah guru yang berharga yang telah mengajarkan kita dari masalah. Begitu juga dengan perusahaan angkutan yang akan berurusan dengan bandara dan pelabuhan, seperti pengolahan dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan proses pengiriman. Tidak semua perusahaan ekspedisi memiliki channel untuk pihak terkait yang fungsinya dapat mempercepat pengiriman barang agar pengiriman dapat tiba tepat waktu.
  4. Pastikan perusahaan jasa tersebut didukung oleh perusahaan besar. Perusahaan jasa pengiriman pasti memiliki mitra bisnis seperti jasa transportasi darat, kapal kargo dan pesawat kargo. Anda dapat meminta apa yang akan digunakan, apa yang akan dikenakan saat mengirim barang Anda.
  5. Memilih jasa ekpedisi dengan harga murah tapi bukan murahan. Ketika memilih jasa kargo jangan melihat perusahaan jasa tersebut hanya dengan harga murah yang ditawarkan, semakin murah Anda membayar untuk layanan akan semakin buruk pula pelayanan yang diberikan terutama masalah pengiriman yang memerlukan intervensi dari berbagai pihak sekaligus.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Jasa Pengiriman

Dalam berbisnis online pengiriman barang merupakan hal yang penting, karena barang bisa sampai pada pembeli harus diantar dengan kesepakatan yang dibuat, baik jasa kurir ataupun COD. Bila usaha online shop kita sudah besar maka kita juga harus mempunyai kurir pribadi yang bisa mengantarkan barang kita sampai pada pelanggan, ini yang harus dilakukan 3PE yang memiliki hampir 40 armada pengiriman barang.

Tapi bila kita masih merintis usaha pasti kita harus mempercayakan pengiriman pada kurir ataupun jasa ekspedisi. Di Indonesia sendiri sudah banyak penyedia jasa pengiriman barang seperti JNE, Tiki, dan juga Pos Indonesia. Sebenarnya banyak lagi jasa ekspedisi yang bisa kita gunakan jasanya tapi ketiga penyedia jasa tersebut yang paling sering digunakan.

Untuk memilih jasa pengiriman yang baik ada Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Menghindari Penipuan dengan memperhatiakn beberapa hal yang harus Anda ketahui agar barang kita sampai dengan selamat kepada pembeli, berikut cara memilih jasa pengiriman barang :

  • Services Area
    Kita harus tahu jangkauan dari area jasa ekspedisi yang akan kita gunakan, apa mereka bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia atau tidak. Karena orang yang bertransaksi dalam bisnis online bisa saja berasal dari daerah yang mungkin kita sendiri belum pernah mendengarnya. Selain itu juga kita harus tahu apakah jasa layanan yang mereka sediakan meng-cover untuk jasa pengiriman keluar negeri, karena bukan tidak mungkin bila ada yang memesan barang kita dari luar negeri.
  • Handling Barang
    Handling barang yang dilakukan penyedia jasa layanan juga perlu dipertimbangkan, karena kita tidak mau kalau barang yang kita jual sampai rusak ketika sampai pada pembeli. Penyedia jasa yang baik biasanya tahu barang apa yang dikirimkan, jadi mereka tidak asal lempar ataupun banting untuk menghindari kerusakan pada barang. Tapi kadang juga sering terjadi kerusakan pada pembungkus paket yang dikirimkan, jadi kita harus perhatikan keamanan barang yang akan kita kirim dengan memaksimalkan pengepakan, ini mengantisipasi dari hal-hal yang bisa merusak barang kiriman kita saat di tangani pihak ekspedisi.
  • Lama Pengiriman
    Lamanya pengiriman barang juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jasa pengiriman, karena beda jasa layanan beda juga lamanya pengiriman. Tapi kebanyakan masing-masing jasa pengiriman memiliki jenis paket pengiriman, seperti YES pada JNE ada juga layanan seperti itu di jasa penyedia layanan lainnya seperti ONS di TIKI, dan Paket Kilat pada Pos Indonesia.
  • Tarif
    Setiap penyedia layanan pengiriman memasang harga berbeda-beda tergantung pada layanan yang dipilih. Tapi kebanyakan setiap layanan harganya tidak jauh berbeda dari layanan sejenis yang ditawarkan penyedia jasa pengiriman lainnya. Jadi masalah tarif bisa dibicarakan dengan pembeli mau menggunakan yang murah atau mahal.
  • Customer Services
    Kita juga harus melihat apakah customer services jasa pengiriman yang akan kita gunakan selalu stand by 24 jam karena bisa saja pembeli kita komplain saat tengah malam jadi kita harus memilih jasa pengiriman yang customer services selalu siap melayani ketika kita mencari info status barang kiriman kita.

Cara Memilih Jasa Ekspedisi Barang

Dari semua tips memilih jasa ekspedisi pengiriman barang diatas, yang paling penting yang harus Anda pahami adalah profesionalisme dari perusahaan jasa ekspedisi tersebut, semakin profesional dan berpengalaman perusahaan jasa tersebut, maka semakin jauh Anda dapat menghindari penipuan dengan kedok perusahaan jasa kargo.

Pengiriman paket/barang baik dekat, jauh, antar kota, antar propinsi, luar kota, dalam pulau, luar pulau atau bahkan ke luar negeri sekalipun adalah resiko dan tanggung jawab tambahan dalam melakukan proses bisnis yang dijalankan, dan untuk menghindari resiko barang tidak sampai, barang salah kirim atau barang rusak saat pengiriman maka kita harus lebih cermat dalam memilih serta memperhatikan ekspedisi atau penyedia jasa pengiriman yang akan kita pakai.

Beberapa langkah yang seharusnya dilakukan dalam mengirim barang (paket) adalah :

  • Mengetahui alamat yang dituju selengkap mungkin.
  • Berat barang yang akan dikirim.
  • Jenis/kelompok barang yang akan dikirim.

Setelah semua informasi di atas telah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah memilih atau mencari informasi penyedia jasa pengiriman (ekspedisi), kita akan dihadapkan pada banyak pilihan penyedia jasa ekspedisi dan untuk itu kita akan menilai kelebihan dan kekurangan dari penyedia jasa pengiriman tersebut.

Ketika kita membutuhkan jasa ekspedisi Barang, atau ketika akan kirim barang, kita dihadapkan oleh beberapa pilihan yang terkadang cukup membingungkan. Tidak hanya karena banyaknya jasa ekspedisi saja, namun juga menyangkut service, harga, ketepatan waktu hantaran, jenis transporter, dan lain hal yang terkesan membingungkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai rujukan sebelum kita memutuskan untuk memilih jasa cargo.

1. Ketepatan dan ketepatan waktu hantaran

Transporter via udara atau pesawat terbang adalah perusahaan jasa cargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat pesawat terbang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bisa diandalkan, kecuali pada momen momen liburan seperti lebaran, tahun baru dan natal. Karena pada situasi pick season seperti itu, biasanya airlines overload, sehingga mengurangi performa service cargo / ekspedisi angkutan barang. Moda transportasi jenis ini tariff pengirimannya paling mahal.

Transporter via kereta express adalah perusahaan jasa cargo /ekspedisi angkutan barang yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kereta express (kereta argo anggrek dan kereta express bima). Kedua kereta tersebut sebenarnya adalah kereta penumpang express, yang dilengkapi dengan satu gerbong barang di belakang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bagus, karena ketepatan jadwal kereta express selama ini bisa di andalkan. Kelemahan dari layanan ini adalah ababila ada kecelakaan kereta, sehingga bisa dipastikan akan ada keterlambatan barang.
2. Garansi

Ada baiknya seorang pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa ekspedisi meminta penjelasan tentang garansi yang bisa diberikan perusahaan tersebut berkenaan dengan barang kiriman. Teleponlah customer service untuk meminta penjelasan tentang hal hal berikut ini :Garansi ketepatan waktu, yaitu permintaan garansi apa yang bisa diberikan jasa cargo berkenaan dengan ketepatan waktu yang dijanjikan. Hal ini penting, karena garansi waktu sangat terkait erat dengan moda transportasi yang digunakan, dan biaya kirim.

3. Servis

Sebelum mengirim barang dengan cara ekspedisi angkutan barang, hal lain lagi yang perlu dipahami menyangkut servis dan teknis pengiriman barang, diantaranya adalah sebagai berikut :

Door to door, adalah jenis layanan cargo / ekspedisi angkutan barang dimana pelanggan tinggal telepon ke jasa cargo dan mereka akan pick up (mengambil barang) untuk di teruskan ke kota tujuan dan delivery ke alamat yang dimaksud. Service ini paling enak bagi pelanggan, namun biaya yang ditimbulkan (tariff) paling mahal.

4. Spesialisasi

Spesialisasi juga merupakan salah satu factor yang harus diperhatikan sebelum menentukan jasa cargo /ekspedisi barang. Ada beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri pada penggunaan jenis transporter tertentu.

5. Harga

Biasanya harga adalah faktor penentu dari kelima faktor diatas. Untuk itu perlu sekali dianalisa tentang ketepatan waktu dan moda transportasi apa yang paling tepat untuk disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Kalau anggaran melimpah, mungkin kiriman via udara adalah alternatif yang baik.

Nah, itu dia sobat http://carasiti.edublogs.org/ sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya terkait Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak dan juga artikel tentang Cara Membuat Website Sederhana Untuk Pemula. Demikianlah Artikel mengenai Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Menghindari Penipuan.

Sumber artikel http://kontesseoweb.blogspot.com/2016/08/tips-memilih-jasa-ekspedisi-pengiriman.html

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *